Kamis, 22 Januari 2015

PROPOSAL PENAWARAN - TUGAS KOMBIS



Outbond
BAGI
PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN
PERUSAHAAN, INSTANSI DAN SEKOLAH

PT. Ayues Sejahtera
Office : Jalan Pulau Bungin No. XX Denpasar, Bali. Telp. 0361-4433221, Fax. 0361-4455667, email : ayues-sejahtera@gmail.com

Penyedia Layanan Outbound Training, Team Building, leadership Training,dll

A.  GAMBARAN UMUM
Outbound training merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulanalam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan social masyarakat.

Program Outbound traning juga dapat dirancang bagi organisasi, perusahaan atau sekolah-sekolah yang ingin meningkatkan atau membangun sikap kepemimpinan dan kerjasama kelompok dalam diri karyawan dalam suatu perusahaan atau siswa suatu sekolah atau anggota dalam suatu organisasi.

Dengan di latar belakangi oleh tujuan pengembangan kualitas sumberdaya manusia bagi setiap organisasi dan perusahaan guna mencapai visi dan misinya, maka PT Ayues Sejahtera menciptakan beberapa program berbasis pada experiential learning yang dirasakan sangat aplikatif dan mudah dicerna sehingga dapat memberikan suasana yang menyenangkan bagi suatu tim. Program tersebut bernama Ayues Training and personality Development.

B.  BENTUK LEMBAGA
Lembaga layanan jasa profesional di bidang pelatihan Sumber Daya Manusia dengan menggunakan metode Experiential Learning. Kami bukan Provider Outbound biasa atau bahkan makelar bisnis, kami adalah kumpulan pribadi-pribadi yang mendedikasikan diri pada pengembangan SDM dengan Sertifikat TOT (Training Of Trainer) dan berpengalaman puluhan tahun. Ayues Training and personality Development berbadan hukum yang sah dibawah naungan PT Ayues Sejahtera.

C.  KARAKTER PELATIHAN
Sebagaimana dunia yang terus berputar, demikian pula halnya dengan teknologi dan konsep pendidikan yang terus berkembang dengan dinamis. Dan setiap proses tidak semudah membalik telapak tangan tetapi harus melalui step atau tahapan - tahapan, dimana setiap tahap akan memperkaya setiap orang atau organisasi yang berproses tersebut. Di dalam konsep pembelajaran StabiloConsultainment ini juga dimasukkan pembelajaran dan pemahaman atas nilai-nilai kehidupan (livingvalues).

Berdasarkan Konsep tersebut, Ada berbagai alas an mengapa metode outbound training dipakai, antara lain:
1.      Metode ini adalah sebuah simulasi kehidupan yang kompleks yang dibuat menjadi sederhana. Pada dasarnya segala bentuk aktivitas di dalam pelatihan adalah bentuk sederhana dari kehidupan yang sangat kompleks.
2.      Metode ini menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experiental learning). Oleh karena adanya pengalaman langsung terhadap sebuah fenomena, orang dengan mudah menangkap esensi pengalaman
3.      Metode ini penuh kegembiraan karena dilakukan dengan permainan. Ciri ini membuat orang merasa senang di dalam melaksanakan kegiatan Pelatihan.

D.  RUANG LINGKUP PELATIHAN
Outbound diarahkan pada focus kegiatan:
1.      Personal Effectifeness, ditujukan untuk pengembangan diri agar peserta pelatihan menjadi pribadi yang effektif melalui pengenalan terhadap kekuatan dan kelemahan pribadi agar bias menemukan jalan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki untuk berprestasi.
2.      Effective Team Building, ditujukan untuk melatih peserta agar menjadi ‘team player’ yang handal. Dalam halini, peserta dilatih untuk mengoptimalkan peran dari tim dan mengatasi hambatannya yang meliputi saling ketergantungan, kerjasama, pentingnya komunikasi dan membangun suatu tim yang kompak.
3.      Quality Leaership, membantu peserta menggali dan mengasah potensi kepemimpinan yang mereka miliki. Terkait dengan hal ini, adalah bagaimana memecahkan masalah, mengambil keputusan serta melaksanakan fungsi-fungsi manajerial lainnya dalam berbagai situasi.

E.   SASARAN PELATIHAN
Secara spesifik tujuan diatas akan dapat dicapai melalui kegiatan-kegiatan yang akan dikembangkan dalam program ini, yaitu:

FAKTOR PENDUKUNG

HASIL YANG DIHARAPKAN


Keakraban
Kebersamaan dan keakraban dalam persaudaraan dan persahabatan merupakan kunci utama bagi kepuasan seseorang. Kebahagiaan yang dirasakan oleh dalam kehidupan berpengaruh pada kepuasan seseorang sehingga dapat meningkatkan semangat belajar dan bekerja seseorang.

Jiwa Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah hal yang menentukan spirit tiap orang dalam beraktivitas. Karenanya peserta akan diajak untuk menemukan basis kepemimpinan personal maupun kolektif.

Komunikasi Empatik
Peserta diajak untuk mengembangkan seni berkomunikasi secara intra maupun interpersonal, melalui dialog, sharing kelompok dimana peserta mampu saling member dan menerima feedback dalam komunikasi yang effektif.
Pengambilan Keputusan & Memecahkanmasalah
Mengajak peserta untuk berpikir analitis dan bersikap tenang dalam menghadapi masalah, berani, cermat dan bertanggungjawab dalam mengambil keputusan bagi individu dan kelompok
Sinergi Kelompok (Team Work and Team Building)
Melalui pengalaman terstruktur yang sedemikian rupa, peserta didorong untuk mengoptimalkan pertukaran peran di dalam kelompok, menyadari arti penting sinergi dalam menyikapi keanekaragaman kelompok dan mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

F.   LOKASI KEGIATAN
Alternatif Lokasi Kegiatan Pelatihan Outbound:
1.      Bumi Perkemahan Blahkiuh (Abian Semal Kab. Badung)
2.      Bumi Perkemahan Buyan (Desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng)
3.      Toya Devasya Resort & Spa (kawasan Bukit Melingkuh, Desa Baturiti, Tabanan, Bali)
4.      The Sila's Agrotourism (di daerah Bedugul)
5.      Kebun Raya Bedugul (daerah Bedugul)

Contoh Rundown Acara Kegiatan Training Outbound Dua Hari Satu Malam (bisa disesuaikan)
HARI PERTAMA
08.00 - 11.00   : Perjalanan ke Lokasi dari Denpasar (Asumsi Lokasi: Bumi Perkemahan Buyan)
11.00 - 11.30   : Welcome Drink
11.30 - 12.00   : Check IN (Hotel Penginapan)
12.00 - 13.00   : Makan Siang
13.00 - 13.30   : Istarahat Sholat & Relaksasi
13.30 - 15.00   : Pembukaan + Ice Breaking +   Fun Games
15.00 - 15.30   : Break
15.30 - 17.00   : Team Building Games
17.00 - 18.30   : Bersih-bersih
18.30 - 19.30   : Makan Malam & Sholat Ishya
19.30 - 21.00   : Training Motivation/Acara Internal / Performance Team / Hiburan /dll
21.00 - 22.00   : Api Ungun & Barbeque
22.30 -             : Istirahat

HARI KEDUA
06.00 - 07.00 : Streching (Olahraga)/ Tracking (Jalan Pagi)
07.00 - 08.00 : Sarapan
08.00 - 09.00 : Effective Communication Games
09.00 - 10.00 : Break (Snack)
10.00 - 11.00 : Problem Solving Games, Synergy Games
11.00 - 11.30 : Closing
11.30 - .........:Makan Siang & Chek Out
Nb: Biaya Disesuaikan Dengan Lokasi Outbound

G.  LAPORAN SETELAH PELATIHAN
Laporan kegiatan dan dokumentasi foto.

H.  GAMBARAN PROSES PELATIHAN DAN PROGRAM (terlampir)

I.      PENUTUP
Dengan motto ”From Heart to Heart”, kami belajar dengan cara mengajar dan mencoba untuk saling berbagi dari hati ke hati tujuannya untuk memperkaya setiap individu yang terlibat dalam setiap prosesnya baik secara fisik dan mental. Serta dengan didukung kurang lebih 30 orang Trainer/ fasilitator berpengalaman tidak sulit bagi kami untuk menyelenggarakan pelatihan pada saat yang bersamaan di tempat yang berbeda. Akhir kata, diharapkan Program Designer kami dengan basic pendidikan psikologi, maka kebutuhan Pelatihan dapat terakomodasi dengan baik.
Jika bapak/ibu tertarik mengikuti kegiatan training kami bisa menghubungi kami Office : Jalan Pulau Bungin No. XX Denpasar, Bali. Telp. 0361-4433221, Fax. 0361-4455667,


Denpasar, 15 Januari 2015


Ayu Etika Sari



LAMPIRAN – LAMPIRAN
(GAMBARAN PROSES PELATIHAN DAN PROGRAM)





 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar